Wisata religi di Pura Suci Tanah Lot


Objek wisata yang saat ini paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara adalah lokasi objek wisata Tanah Lot. Lokasi wisata Tanah Lot yang strategis karena dekat dengan kawasan hotel di sekitar Pulau Bali seperti di daerah Kuta, Sanur maupun Nusa Dua. Objek wisata Tanah Lot ini keberadaannya terletak di desa Braban, Tabanan, Bali. Tempat wisata Tanah Lot ini akan ramai di kunjungi oleh para wisatawan pada sore hari karena untuk melihat keindahan matahari tenggelam ataupun pada saat matahari terbit / "Sunset".

Panorama pada saat matahari tenggelam dapat dinikmati keberadaannya dari balik bangunan Pura yang ada di Tanah Lot tersebut. Hal itu akan memberikan kesan sensasional dalam psikologis yang menyenangkan bagi para wisatawan yang mengamatinya, selain itu nuansa alam yang terdapat disekitar lokasi obyek wisata Tanah Lot salah satunya adalah adanya riak ombaknya yang memicu adrenalin para wisatawan pecinta olah raga pantai, salah satunya untuk atraksi kegiatan surfing / berselancar.

Di sekitar lokasi objek wisata Tanah Lot terdapat banyak sekali "Art Shop" menjajakan aneka barang untuk "buah tangan", lokasi mereka berjejer sepanjang jalan menuju ke lokasi objek wisata Tanah Lot ini, para wisatawan bisa berbelanja aneka oleh-oleh khas dari Tanah Lot Bali.

Di sekitar obyek wisata Tanah Lot terdapat 2 buah Pura di kawasan wisata tersebut, salah satumya terletak di atas bongkahan batu karang yang besar dan yang satunya lagi terletak di atas tebing batu yang menjorok ke pantai. Di sekitar pura Tanah Lot, ada sebuah goa kecil yg merupakan tempat bersarangnya ular laut, ular ini sangat jinak, ular ini adalah ular suci, masyarakat sekitar meyakini bahwa ular ini adalah penjaga dari pura Tanah Lot.

Selain keindahan pantai dan keberadaan Pura yang unik tersebut, para wisatawan akan mendapati suatu wujud lainnya, yaitu adanya sikap yang ramah dari anggota masyarakat di sekitar lokasi objek wisata Tanah Lot tersebut yang telah diakui oleh banyak wisatawan, sehingga hal tersebut akan menambah daya pikat bagi wisatawan domestik maupun wisatawan luar negeri untuk terus kembali datang ke kawasan Tanah Lot pada kesempatan berikutnya.

Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang Brahmana yang sakti mengembara dari Jawa. Beliau adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk di Pulau Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16.

Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben yang sekarang lebih dikenal dengan Desa Beraban, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha.

Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Beliau menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot, beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Beliau juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben akhirnya menjadi pengikut Danghyang Nirartha.

Berbagai aktifitas dapat dilakukan oleh para wisatawan di sekitar pantai area wisata Tanah Lot, misalnya di pagi hari kita dapat berjalan-jalan di lembutnya pasir putih yang membentang dari Selatan ke Utara sambil menikmati udara pagi dengan aroma udara khas pantai diiringi dengan suara dari deburan ombak menyambut datangnya pagi.

Pada siang harinya biasanya banyak para wisatawan asing yang datang untuk berjemur di tepi pantai, hal tersebut memang sangat diminati oleh semua orang apalagi bagi para tamu dari mancanegara, karena pada sore harinya menjadi "moment" / kesempatan indah untuk melihat sensasi matahari tenggelam, semua kelebihan yang dimiliki oleh pantai ini menjadikannya sebuah "legend" sehingga selalu dibicarakan oleh para wisatawan yang berkunjung dan/atau pernah berkunjung di pantai tersebut.

Dengan ombak yang cukup besar sangat cocok sekali untuk berselancar bahkan bagi pemula sekalipun. Di pantai sekitar objek wisata Tanah Lot sudah disediakan/ disewakan papan selancar dari ukuran kecil sampai besar, sehingga wisatawan terutama masih anak-anak, maupun dewasa bisa memilih keperluannya. Jika wisatawan berminat untuk belajar selancar, sudah tersedia di sini, biasanya paling digemari oleh wisatawan asing.

Sebagian besar yang datang ke sini adalah saat hari menjelang sore, semua wisatawan mau melihat sunset / matahari tenggelam. Objek wisata Tanah Lot menjadi andalan sebagai penyumbang pendapatan tertinggi bagi Provinsi Bali, maka dari itu lokasi objek wisata Tanah Lot selalu mendapat perhatian khusus dari pemerintah atupun dari pelaku pariwisata lainnya, fasilitas pendukung seperti hotel, restoran, café, diskotik, taman rekreasi, shopping mall, pasar seni dan banyak lagi terssedia di kawasan ini, sehingga semua kebutuhan wisatawan dengan mudah bisa terpenuhi di sini. Pulau Bali telah menjadi salah satu tempat wisata internasional dengan aneka fasilitas pariwisata yang sangat lengkap.

Tidak hanya objek wisata Tanah Lot saja yang memberikan nuansa indah saat berlibur di Pulau Bali, para pengunjung pun dapat memilih tempat tujuan wisata lainnya. Bersama ARTHA BALI Tour & Travel para wisatawan dapat memilih tempat objek wisata lainnya sebagai tempat liburan yang menyenangkan anda beserta keluarga tercinta.

Silahkan anda klik Lokasi Kategori Tujuan Wisata di bawah ini :


Silahkan anda pilih dibawah ini :

Tujuan Wisata Kota
Tujuan Wisata di wilayah Barat
Tujuan Wisata di wilayah Timur
Tujuan Wisata di wilayah Utara
Tujuan Wisata di wilayah Selatan

Silahkan klik gambar di bawah ini untuk reservasi anda...

[ SPECIAL PRICE ]



[ REGULER PRICE ]




Post a Comment

[blogger]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget